Makanan Penyebab Kista Ovarium

Makanan Penyebab Kista Ovarium .- Tahukah anda bahwa makanan menjadi salah satu penyebab timbulnya kista dan miom di rahim wanita untuk itu, penting bagi para wanita mengetahui apa saja makanan yang bisa menyebabkan timbulnya kista ovarium.

Makanan Penyebab Kista Ovarium

Kista ovarium menjadi salah satu jenis penyakit kista yang paling sering ditemukan kasusnya pada wanita yakni kantong berisi cairan yang tumbuh dan berkembang disalah satu atau kedua ovarium ( indung telur ) yang termasuk kedalam sistem reproduksi wanita. Itulah sebabnya mengapa ketika wanita terkena penyakit ini akan sulit mendapatkan keturunan.

Hal tesebut karena fungsi dari ovarium sendiri adalah sebagai penghasil sel telur setiap bulanya mulai dari masa pubertas hingga menopause pada rahim wanita. Selain penghasil sel telur, ovarium juga memproduksi hormon estrogen dan progesteron.

Pada dasarnya kista ovarium tidaklah berbahaya, namun jika kista ovarium pecah dan memiliki ukuran sangat besar barulah kista dikatakan berbahaya sehingga perlu dilakukan penanganan yang cepat dan tepat.

Indikasi atau gejala kista ovarium berbahaya karena memiliki ukuran besar atau pecah adalah sebagai berikut :

  • Sering buang air kecil.
  • Nyeri saat buang air besar.
  • Merasa kelelahan dan pusing.
  • Perut kembung.
  • Perubahan siklus menstruasi.
  • Mual, muntah, atau nyeri payudara.
  • Gangguan pencernaan atau mudah kenyang padahal Anda hanya makan sedikit.
  • Nyeri saat melakukan hubungan seksual.
  • Nyeri panggul sebelum menstruasi tiba atau selama
  • Nyeri panggul yang menyebar sampai ke punggung bawah dan paha.

Segera temui dokter guna mendapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat jika beberapa keluhan tersebut mulai anda rasakan utamanya jika anda mengalami kondisi lain seperti : mendadak nyeri panggul atau perut disertai demam tinggi.

Sebelum mengambil tindakan pengobatan biasanya dokter akan melakukan beberapa tahapan pemeriksaan dan tes kesehatan yang meliputi :

  1. Ultrasonografi (USG), bertujuan untuk mengetahui ukuran, bentuk dan lokasi dimana kista tumbuh serta mengetahui sejauh mana perkembangan kista.
  2. Tes Darah, jika hasil USG menunjukan kista berbentuk padat atau terdapat kecurigaan bahwa benjolan yang timbul mengarah ke tumor atau kanker.
  3. Biopsi yakni dengan cara melakukan sayatan kecil dan memasukkan alat laparoskop guna melihat langsung rongga panggul dan organ-oran reproduksi untuk mendeteksi kelainan.

Sebab pasti akan munculnya kista ovarium belum diketahui secara pasti akan tetapi ada beberapa faktor yang diduga dapat meningkatkan resiko tumbunya kista diovarium, salah satunya adalah makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Daftar Makanan Penyebab Kista Ovarium

Berikut ini adalah daftar makanan penyebab kista ovarium yang sebaiknya dihindari dan dikurangi oleh wanita untuk mencegah timbulnya penyakit kista ovarium, utamanya bagi anda yang saat ini didiaknosa menderita penyakit ovarium agar kista tidak semakin membesar dan parah.

1. Daging Merah

Untuk anda yang suka serta sering mengkonsumsi daging merah dan olahannya seperti : daging sapi, kambing, baso dll maka mulai saat ini anda perlu menguranginya karena jika dikonsumsi secara berlebihan bisa menimbulkan masalah kesehatan salah satunya adalah menimbulkan kista dan miom pada wanita.

2. Daging Yang Dibakar

Memang daging dan makanan lain yang dibakar memiliki rasa dan ciri khasa tersendiri sehingga banyak orang yang menyukai daging dan makanan yang dibakar, namun jika terlalu sering dikonsumsi justru tidak baik untuk kesehatan karena bisa memicu timbulnya penyakit kanker hingga tumor termasuk kista dan miom pada wanita.

Akar permasalahannya ada pada bagian makanan yang gosong, tempat pembakaran yang tidak dicuci serta penggunaan arang yang kotor.

Jadi bagi anda wanita yang ingin terhindari dari kista dan miom utamanya bagi anda yang saat ini memiliki riwayat penyakit kista disarankan untuk mengurangi konsumsi makanan atau daging yang dibakar.

3. Gorengan

Gorengan merupakan salah satu makanan yang memiliki kadar lemak tinggi yang membahayakan bagi kesehatan seperti dapat meningkatkan jumlah kolesterol jahat dalam darah hingga memicu timbulnya mioma dan kista dirahim wanita.

4. Seafood

Tidak dipungkiri makanan laut memang memiliki rasa yang lezat dan gurih sehingga banyak orang yang suka akan jenis makanan ini, akan tetapi dibalik itu semua seafood merupakan makanan yang tinggi kolesterol sehingga jika dikonsumsi secara berlebiha bisa menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan.

Bahkan bagi wanita seafood dipercaya menjadi salah satu makanan penyebab kista ovarium sehingga sebiknya dihindari dan kurangi utamanya bagi anda penderita kista ovarium untuk menghindari ukuran kista semakin besar.

5. Makanan Kaleng Atau Berbahan Pengawet

Jika dalam keseharian anda sering mengkonsumsi makanan yang dikemas dalam kaleng dan berbahan pengawet karena praktis diolah maka sebaiknya mulai saat ini anda mengurangi hal tersebut karena makanan dalam kaleng utamanta yang masa kadaluarsanya sudah dekat dapat menimbulkan masalah bagi kesehatan yakni memicu timbulnya penyakit kista dan miom jika sering dikonsumsi oleh wanita.

6. Dukuh, Nanas Dan Durian

Yang namanya buah-buahan tentu baik untuk kesehatan namun bagi anda para wanita utamanya yang memiliki riwayat kista ketiga buah ini pantang dikonsumsi karena buah tersebut mengandung senyawa enzim bromelain yang dapat mempengaruhi kesehatan rahim wanita hingga memicu tumbuhnya kista dan miom.

7. Tauge, Sawit Putih, Kangkung, Santan dan Cabai

Jika dikonsumsi dalam tahap yang wajar sayuran tersebut tidalah berbahaya, namun sebaliknya jika dikonsumsi secara terus menerus bisa menimbulkan penyakit tumor, kanker hingga kista. Hal tersebut karena sayuran tersebut memiliki kemampuan merangsang dan mempercepat proses perkembang sel sehigga menjadi abnormal.

Itulah sebabnya mengapa makanan ini pantang dikonsumsi oleh penderita tumor, kanker dan kista.

Demikianlah beberapa makanan penyebab kista ovarium yang sebaiknya dihindari dan pantang dikonsumsi oleh anda yang saat ini menderita penyakit kisa ovarium, karena beberapa makanan tersebut bisa meningkatkan perkembangan dan pertumbuhan kista jika dikonsumsi.

Untuk itu sangat tidak disarakan makanan tersebut dikonsumsi oleh penderita kista ovarium serta dikonsumsi secara rutin oleh wanita karena dikhawatirkan makanan tersebut dapat memicu timbulnya penyakit kisa ovarium yang bisa mengganggu proses reproduksi pada wanita.

Semoga informasi singkat seputar makanan penyebab kista ovarium ini bisa bermanfaat dan menjawab rasa ingin tahu anda, terima kasih sudah berkunjung dan menyimak. Jangan lupa bagikan jika rasa artikel ini bermanfaat dan silahkan tinggalkan komentar, kritik dan saran anda pada kotak komentar yang telah disediakan.

One thought to “Makanan Penyebab Kista Ovarium”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *