Pantangan Makanan Bagi Penderita Kista

Bagi anda wanita penderita kista, berikut ini daftar pantangan makanan bagi penderita kista di ovarium yang mesti dihindari agar kista tidak semakin membesar dan proses pengobatan yang sedang dijalankan berhasil.

Pantangan Makanan Bagi Penderita Kista

Pantangan Makanan Bagi Penderita Kista

Salah satu kiat sukses agar pengobatan kista yang dijalani maksimal adalah dengan menghindari pantangan makanan serta mengetahui makanan penyebab kista ovarium yang sudah kami sampaikan sebelumnya.

Mengingat makanan menjadi salah satu faktor pencetus tumbuh dan berkembangnya kista di rahim atau ovarium wanita, terlebih saat ini banyak makanan yang kurang sehat. Itulah mengapa jadi penting bagi anda khususnya wanita untuk memperhatikan makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Kista ovarium merupakan penyakit yang tergolong kedalam tumor jinak yakni kantung berisi cairan yang tumbuh dan terbentuk didalam ovarium ( indung telur ).

Selain cairan, kantong juga bisa berisi udara, nanah hingga partikel lainnya, dikatakan sebagai tumor jinak karena kista ovarium terpisah dengan jaringan normal disekiarnya serta tidak akan menyebar kebagin tubuh lainnya sehingga dianggap tidak terlalu berbahaya.

Namun, karena kista tumbuh di bagian organ reproduksi maka jika ukuran kista sudah besar maka dapat mempengaruhi kinerja dari organ reproduksi wanita akibat wanita akan mengalami masalah atau gangguan dengan kesuburannya.

Mulai dari siklus datang bulan yang terganggu hingga wanita yang menderita kista ovarium sulit mendapatkan keturunan.

Hal tersebut karena pada penderita kista ovarium jumlah Follicles yakni kantung kecil berisi telur dalam ovarium sedikit sehingga sel telur pada Follicles tidak matang dan tidak bisa masuk ke ovarium akibatnya akan terbentuk kristal dalam ovarium.

Indikasi atau gejala seorang wanita yang menderita penyakit kista ovarium umumnya akan merasakan beberapa keluhan sebagai berikut :

  • Timbul nyeri dan nyilu yang luar biasa dibagian perut kiri
  • Perut akan terlihat sedikit membengkak dan bertambah besar seiring dengan terus membesarnya kista
  • Waktu datang bulan yang menjadi lebih lama serta darah yang dikeluarkan lebih banyak

Diharapkan untuk segera menemui dokter ketika beberapa gejala tersebut mulai anda rasakan atau temukan pada orang terdekat anda sehingga dampak buruk akibat penyakit kista ovarium bisa dihindari.

Operasi menjadi salah satu bentuk pengobatan yang biasanya akan dijalankan oleh dokter, tujuannya adalah untuk mengangkat kista yang sudah tumbuh. ( Prosedur Operasi Kista Ovarium )

Namun yang perlu diketahui adalah operasi hanya sebatas mengangkat kista saja tidak mengobati kista sampai keakar-akarnya sehingga kemungkinan kista tumbuh pasca operasi itu ada.

Untuk itu perlu dilakukan langkah pengobatan lanjutan dan pencegahan agar pasca operasi kista tidak tumbuh lagi. Salah satu bentuk pencegahannya adalah dengan menghindari beberapa makanan penyebab kista ovariu.

Selain itu, selama penderita masih dalam masa pengobatan dan penyembuhan maka dianjurkan untuk menghindari beberapa pantangan makanan bagi penderita kista.

Pantangan Makanan Bagi Penderita Kista

Berikut ini adalah beberapa pantangan makanan bagi penderita kista yang sebaiknya dihindari untuk mencegah penyakit kista semakin parah dan tumbuh lagi, utamanya bagi anda yang baru selesai melakukan operasi.

1.) Tauge

Penderita kista dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi sayura tauge karena sayuran ini memiliki dampak buruk bagi penderita kista.

Hal tersebut karena kista mengandung zat yang bisa mendorong perkembang dan pertumbuhan kista semakin cepat.

Selain tauge, penderita kista juga sebaiknya tidak mengkonsumsi cabai, sawi putih, santan dan kangkung. Makanan tersebut terbukti dapat mengurangi efektivitas dan kerja obat yang dikonsumsu untuk menyembuhkan kista.

2.) Buah Durian Dan Nangka

Durian dan nangka terbukti mengandung alkohol dan gas tinggi serta kandungan zat yang bisa memicu tumbuhnya sel abnormal dalam tubuh baik yang bersifat jinak atau ganas ( kanker ).

3.) Minuman Bersoda

Jika anda sering dan suka mengkonsumsi minuman bersoda maka mulai saat ini anda wajib menghentikan kebiasaan tersebut karena minuman bersoda terbukti dapat membuat penyakit kista yang diderita semakin parah dan semakin sulit untuk disembuhkan.

Tidak hanya itu, minuman bersoda juga akan menimbulkan efek buruk laik bagi kesehatan jika terus dikonsumsi, maka dari itu penderita kista sebaiknya menghindari minuman ini.

4. Daging Merah

Beberapa jenis daging merah seperti daging sapi, kambing dan jeroannya merupakan makanan yang harus dihindari oleh penderita kista. Alasannya karena makanan tersebut mengandung kolesterol tinggi yang bisa memicu timbulnya kelainan sel abnormal dalam tubuh yakni berupa tumor dan kanker.

5. Daging Ayam Beluler

Alasan kenapa daging ayam beluler tidak baik dikonsumsi oleh penderita kista adalah karena biasanya ayam tersebut diberikan obat-obatan kimia untuk mempercepat pertumbuhannya sehingga bisa menimbulkan masalah kesehatan jika sering dikonsumsi.

Jika anda penyuka daging ayam maka lebih baik anda memilih ayam kampung yang dibesarkan tanpa menggunakan bahan-bahan kimia.

6.) Makanan Berbahan Pengawet dan Cepat Saji

Makanan berbahan pengawet sangatlah tidak baik bagi penderita kista karena bisa memperparah penyakit kista sehingga tidak baik jika dikonsumsi oleh penderita kista.

Beberapa contoh makanan berbahan pengawet yang mesti dihindari adalah mi instan, minuman kaleng dan bahan makanan kalengan.

7.) Makanan Yang Berasal Dari Laut

Pantangan makanan bagi penderita kista selanjutnya adalah makanan yang berasal dari laut ( seafood ) sehingga bagi anda penyuka makanan ini anda wajib menghindari jensi makanan ini jika menderita penyakit kista.

Contoh makanan : cumi, kerang, udang, kepitik karena jenis bahan ini mengandung kolestrol yang cukup tinggi. Hal ini akan menyebabkan perkembangan dan pertumbuhan penyakit kista dan mengancam peredaran darah menjadi tidak lancar.

8.) Gorengan

Bagi penderita kista sebaiknya anda menghindari makanan yang digoreng dan dibakar karena makanan tersebut mengandung zat karsinogen yang bisa memicu pertumbuhan dan perkembangan kista menjadi lebih cepat sehingga bisa memperparah penyakit.

Sebaiknya penderita penyakit kusta makan makanan yang diolah dengan cara direbus atau dikukus.

9.) Junk Food ( Makanan Cepat Saji )

Saat ini makanan cepat saji ini banyak digemari, sehingga banyak dijual di pasar dan pusat perbelanjaan. Makanan ini memiliki kandungan lemak tinggi yang sangat tidak bagus bagi kesehatan.

Sehingga makanan ini sebaiknya dihindari dan tidak boleh dikonsumsi oleh penderita kista karena jika dikonsumsi justru akan memperparah penyakit tersebut.

Itulah daftar pantangan makanan bagi penderita kista yang sebaiknya dihindari dan jangan dikonsumsi oleh anda penderita kista, karena jika dikonsumsi selain bisa memperparah keadaan makanan tersebut juga bisa menghambat proses pengobatan yang sedang dijalani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *